2.2 AKUNTANSI KOMPARATIF AMERIKA

Akuntansi komparatif Amerika membahas akuntansi dari dua Negara, yaitu Amerika Serikat dan Meksiko. Amerika Serikat memiliki tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi. Sementara Meksiko, memiliki perekonomian yang baru muncul. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Amerika Serikat merupakan pusat perekonomian terbesar dan rumah bagi perusahaan-perusahaan besar bertaraf internasional. Amerika Serikat merupakan negara pendiri Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards Committee). Meksiko terpilih pada akuntansi komparatif Amerika karena merupakan bagian dari Amerika Latin. Perbaikan system Free market (pasar bebas) yang terjadi pada tahun 1990-an banyak terdapat di Amerika Latin. Alasan pemilihan terhadap Meksiko karena memiliki bentuk yang hampir serupa dengan akuntansi di Negara Amerika Latin lainnya.

SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN ANGGOTA AMERIKA

1. Amerika Serikat

Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Board– FSAB). lembaga pemerintah (Komisi Pengawas Pasar Modal atau Securities Exchange Commission–SEC) juga memiliki kekuasaan untuk menerapkan standarnya sendiri. AICPA (American Institute of Certified Public Accountants) yaitu Institut sertifikasi akuntan publik Amerika sebagai badan khusus lain yang mengaudit standarisasi mereka. Pada tahun 2002, Publik Company Accounting Oversight Board (PCAOB) didirikan, dengan dewan yang berwenang untuk mengeluarkan regulasi audit dan auditor perusahaan publik.
  •  Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
SEC memiliki kewenangan atas perusahaan-perusahaan yang mencatatkan sahamnya pada bursa-bursa efek AS dan perusahaan yang sahamnya diperdagangkan over the counter. Perusahaan yang memiliki keuangan terbatas tidak memiliki ketentuan wajib untuk pelaporan keuangan, sehingga membuat Amerika Serikat terlihat tidak normal menurut Standar Internasional.
  •  Laporan Keuangan
  1. Laporan Manajemen
  2. Laporan auditor independen
  3. Laporan keuangan primer
  4. Diskusi manajemen
  5. Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi
  6. Catatan atas laporan keuangan
  7. Perbandingan data keuangan
  8. Data triwulan terpilih
  •  Patokan Akuntansi
  1.  Penggabungan bisnis dihitung seperti sebuah pembelian
  2. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dengan harga pasar dibawah aset bersih yang diperoleh
  3. Aset berwujud dan tidak berwujud  inilai dengan harga perolehan
  4. Persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO dan average\
  5. LIFO digunakan untuk tujuan kepentingan pajak
  6. Penyesuaian mata uang asing megikuti  persyaratan dari SFASs no.52 yang berdsarkan pada tambahan fungsional mata uang asing untuk menentukan metodologi penyesuaian pertukaran mata uang asing
  7. Penyusutan dan amorrtisasi  ditentukaan dengan estimasi umur ekonomis
  8. Biaya penelitian dan pengembangan dibebankan saat terjadinya
2. Meksiko
Meksiko memiliki free market ekonomi yang besar, perekonomian free market mulai membaik selama 1990-an yang membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik. Perjanjian yang paling penting untuk Meksiko adalah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara ( North American Free Trade Agreement – NAFTA ) yang ditandatangani dengan Kanada dan Amerika Serikat tahun 1994.
  •  Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

Sistem akuntansi negara Meksiko adalah Code Law, dan standardisasi akuntansinya dikeluarkan oleh Council for Research and Development of Financial Information Standards (Consejo Mexicano Para La Investigacion y Dessarollo de Normas de Informacion Financiera – CINIF). Untuk standardsasi proses audit dikeluarkan oleh Mexican Institute of Public Accountants (Instituto Mexicano de Contadores Publicos) melalui Auditing standards and Procedures Commision.
Persyaratan yang dbutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan audit berbeda-beda, bergantung pada tipe dan ukuran perusahaan. Semua perusahaan yang berada dibawah hukum meksisko harus menunjukkan minimal satu auditor berwenang untuk melaporkan kepada para pemegang saham terkait laporan keuangan tahunan.
  •  Laporan Keuangan:
  1. Neraca
  2. Laporan Keuangan
  3. Laporan perubahan ekuitas
  4. Laporan perubahan posisi keuangan
  5. Catatan
  • Patokan Akuntansi
  1. Bisnis gabungan menggunakan metode pembelian
  2. Goodwill  merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang aset bersih yang didapatkan
  3. Aset berwujud/ tidak berwujud didepresiasi / diamortisasi  berdasarkan masa manfaatnya (biasanya tidak lebih dari 20 tahun)
  4. Biaya penelitian dibebankan saat terjadinya, dan biaya pengembangan dikapitalisasi dan diamortisasi saat kemungkinan teknoligi hadir
  5. Sewa guna usaha termasuk ke dalam financial lease atau operational lease
  6. Kerugian bersyarat diakui ketika mungkin terjadi dan dapat diukur
  7. Cadangan tak terduga tidak dapat diterima oleh GAAP Meksiko
  8. Pajak tangguhan disediakan dengan menggunakan metode kewajiban
  9. Meksiko telah mengadopsi Standar Akuntansi Internasional no.2 mengenai transaksi mata uang asing.

                                                                       
Sumber:
1. Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi Internasional – Buku 1, Edisi 6., Salemba Empat, Jakarta



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Pertumbuhan Ekonomi Neo Klasik

KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL

Perlukah Nasionalisasi Perusahaan dan Asset Asing?